Pengmas Universitas Telkom: Pengenalan ICT di Direktorat Metrologi Bandung


Direktorat Metrologi adalah institusi yang menangani kegiatan metrologi legal di bawah Direktorat Jendral Perdagangan Dalam Negeri. Salah satu tugas utama dari direktorat ini adalah evaluasi dan pelaporan dibidang standar ukuran. Balai Pengelolaan Standar Nasional Satuan Ukuran (Balai SNSU) berkedudukan sebagai unit pelaksana teknis di bidang pengelolaan standar satuan ukuran yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Direktur Metrologi, Direktorat Jenderal Standardisasi dan Perlindungan Konsumen.


Verifikasi/ kalibrasi standar ukuran merupakan salah satu pelayanan yang diberikan Balai SNSU. Verifikasi atau kalibrasi ini bertujuan untuk memberikan jaminan mutu alat ukur yang digunakan di masyarakat. Alat ukur yang telah terverifikasi/ terkalibrasi adalah alat ukur yang telah melalui berbagai test kompetensi di lab dan mendapatkan sertifikat alat ukur/ surat KHP. Proses yang tidak sederhana ini, diberlakukan untuk setiap alat ukur. Tingginya kuantitas alat ukur yang harus di verifikasi atau kalibrasi mendorong pemanfaatan ICT untuk mengefisienkan waktu pelayanan verifikasi/kalibrasi ini.


Pengabdian masyarakat kali ini bertujuan untuk membantu para laboran untuk mengefisiensikan waktu pelayanan verifikasi/ kalibrasi ini. Sistem yang akan dibangun sebagai keluaran pengabdian masyarakat ini akan membantu laboran dalam hal perekapan data uji alat ukur secara terstruktur.

,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *